KURIKULUM TERPADU

KURIKULUM SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL JAUHAROTUNNAQIYYAH

Berbasis Deep Learning 

A. Pendahuluan

SDIT Al Jauharotunnaqiyyah mengembangkan kurikulum yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam, perkembangan ilmu pengetahuan modern, dan semangat Merdeka Belajar. Kurikulum ini dirancang untuk menumbuhkan peserta didik yang berakhlak mulia, unggul dalam prestasi, mandiri dalam belajar, kreatif dalam berpikir, dan adaptif terhadap perubahan zaman. Penerapan Deep Learning menjadi pendekatan utama untuk memastikan pembelajaran bermakna dan berdampak jangka panjang.

B. Landasan Pengembangan Kurikulum

  1. Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW

  2. Pancasila

  3. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional

  4. Profil Pelajar Pancasila

  5. Kurikulum Merdeka

  6. Paradigma Pembelajaran Mendalam (Deep Learning)

C. Visi & Misi Kurikulum

Visi

Mewujudkan peserta didik yang berkarakter Islami, unggul, Berprestasi dan berakhlak mulia

Misi

  1. Menyelenggarakan pembelajaran terintegrasi Al-Qur’an dan nilai-nilai Islam.

  2. Mengembangkan pembelajaran berbasis Deep Learning yang menekankan analisis, refleksi, kolaborasi, dan pemecahan masalah.

  3. Melaksanakan Kurikulum Merdeka dengan pembelajaran berdiferensiasi.

  4. Mengembangkan budaya sekolah yang religius, disiplin, dan berkarakter.

  5. Membimbing siswa agar menjadi pembelajar sepanjang hayat.

D. Struktur Kurikulum

Kurikulum mencakup tiga pilar utama:

  1. Kurikulum Nasional (Kurikulum Merdeka) — Muatan wajib pemerintah.

  2. Kurikulum Keislaman Terpadu — Al-Qur’an, aqidah, ibadah, akhlak, sirah, dan bahasa Arab.

  3. Kurikulum Penguatan Karakter & Kecakapan Abad 21 — Kreativitas, kolaborasi, komunikasi, berpikir kritis.

Mata Pelajaran Inti

  • Pendidikan Agama Islam Terpadu (Aqidah, Fikih, Akhlak, Qur’an)

  • Bahasa Indonesia

  • Matematika

  • Ilmu Pengetahuan Alam

  • Ilmu Pengetahuan Sosial

  • Bahasa Arab

  • Pendidikan Pancasila

  • PJOK

  • Informatika

  • Seni & Budaya

  • Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

E. Penerapan Deep Learning dalam Pembelajaran

Prinsip Utama Deep Learning

  1. Pembelajaran bermakna (Meaningful Learning)

  2. Berbasis pertanyaan mendalam (Inquiry & Questioning)

  3. Kolaboratif dan reflektif

  4. Mengaitkan konsep lintas mata pelajaran

  5. Fokus pada pemahaman, bukan hafalan

Model Implementasi

  • Project Based Learning (PjBL)

  • Problem Based Learning (PBL)

  • Collaborative Learning

  • Inquiry Based Learning

  • Tahapan Deep Learning (6 Langkah):

    1. Orientasi masalah

    2. Eksplorasi & investigasi

    3. Analisis mendalam

    4. Kolaborasi & diskusi

    5. Presentasi hasil belajar

    6. Refleksi & tindak lanjut

F. Penerapan Kurikulum Merdeka

  1. Pembelajaran Berdiferensiasi

    • Berdasarkan kesiapan belajar

    • Minat

    • Profil belajar

  2. Projek P5 dengan tema:

    • Gaya Hidup Berkelanjutan

    • Kearifan Lokal

    • Kebhinekaan Global

    • Bernalar Kritis dan Kreatif

    • Akhlak Mulia dengan Penguatan Keislaman

  3. Asesmen Autentik mencakup:

    • Portofolio

    • Proyek

    • Unjuk kerja

    • Refleksi diri

    • Penilaian sikap dan akhlak

G. Kurikulum Keislaman Terpadu

Komponen Utama

  1. Tahfizh Al-Qur’an (target bertahap per jenjang)

  2. Tahsin Al-Qur’an metode UMMI/standarisasi sekolah

  3. Pembiasaan Ibadah Harian

  4. Pembiasaan Akhlak Harian

  5. Sirah Nabawiyah & Keteladanan Sahabat

  6. Bahasa Arab sebagai penguatan literasi islami

Program Keislaman Unggulan

  • Shalat dhuha & dzuhur berjamaah

  • Literasi Al-Qur’an harian

  • Kajian akhlak

  • Jumat Berkah & sedekah harian

  • Pesantren Ramadan

H. Strategi Pembelajaran

  1. Menghadirkan pengalaman belajar yang kontekstual dan mendalam.

  2. Guru sebagai fasilitator dan motivator.

  3. Lingkungan belajar yang aktif, kolaboratif, dan bernuansa Islami.

  4. Pemanfaatan teknologi untuk pembelajaran digital.

I. Penilaian & Evaluasi Pembelajaran

Penilaian dilakukan secara holistik meliputi:

  • Penilaian Pengetahuan (tes, proyek, analisis)

  • Penilaian Keterampilan (praktik, karya, presentasi)

  • Penilaian Sikap & Akhlak (observasi, jurnal, pembiasaan)

  • Penilaian Tahfizh & Tahsin

J. Penutup

Kurikulum SDIT Al Jauharotunnaqiyyah ini disusun sebagai pedoman pelaksanaan pendidikan yang komprehensif, Islami, modern, dan memerdekakan. Dengan pendekatan Deep Learning dan Kurikulum Merdeka, sekolah berkomitmen melahirkan generasi yang berkarakter mulia, cerdas, adaptif, dan berdaya saing tinggi.

SDIT Al Jauharotunnaqiyyah
Membangun Generasi Qur’ani, Cerdas, dan Berakhlak Mulia.