SELAMAT DATANG DI WEBSITE YAYASAN ASSIHA HASBY QOSIMIYAH
KURIKULUM TERPADU
KURIKULUM SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL JAUHAROTUNNAQIYYAH
Berbasis Deep Learning
A. Pendahuluan
SDIT Al Jauharotunnaqiyyah mengembangkan kurikulum yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam, perkembangan ilmu pengetahuan modern, dan semangat Merdeka Belajar. Kurikulum ini dirancang untuk menumbuhkan peserta didik yang berakhlak mulia, unggul dalam prestasi, mandiri dalam belajar, kreatif dalam berpikir, dan adaptif terhadap perubahan zaman. Penerapan Deep Learning menjadi pendekatan utama untuk memastikan pembelajaran bermakna dan berdampak jangka panjang.
B. Landasan Pengembangan Kurikulum
Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW
Pancasila
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional
Profil Pelajar Pancasila
Kurikulum Merdeka
Paradigma Pembelajaran Mendalam (Deep Learning)
C. Visi & Misi Kurikulum
Visi
Mewujudkan peserta didik yang berkarakter Islami, unggul, Berprestasi dan berakhlak mulia
Misi
Menyelenggarakan pembelajaran terintegrasi Al-Qur’an dan nilai-nilai Islam.
Mengembangkan pembelajaran berbasis Deep Learning yang menekankan analisis, refleksi, kolaborasi, dan pemecahan masalah.
Melaksanakan Kurikulum Merdeka dengan pembelajaran berdiferensiasi.
Mengembangkan budaya sekolah yang religius, disiplin, dan berkarakter.
Membimbing siswa agar menjadi pembelajar sepanjang hayat.
D. Struktur Kurikulum
Kurikulum mencakup tiga pilar utama:
Kurikulum Nasional (Kurikulum Merdeka) — Muatan wajib pemerintah.
Kurikulum Keislaman Terpadu — Al-Qur’an, aqidah, ibadah, akhlak, sirah, dan bahasa Arab.
Kurikulum Penguatan Karakter & Kecakapan Abad 21 — Kreativitas, kolaborasi, komunikasi, berpikir kritis.
Mata Pelajaran Inti
Pendidikan Agama Islam Terpadu (Aqidah, Fikih, Akhlak, Qur’an)
Bahasa Indonesia
Matematika
Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu Pengetahuan Sosial
Bahasa Arab
Pendidikan Pancasila
PJOK
Informatika
Seni & Budaya
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)
E. Penerapan Deep Learning dalam Pembelajaran
Prinsip Utama Deep Learning
Pembelajaran bermakna (Meaningful Learning)
Berbasis pertanyaan mendalam (Inquiry & Questioning)
Kolaboratif dan reflektif
Mengaitkan konsep lintas mata pelajaran
Fokus pada pemahaman, bukan hafalan
Model Implementasi
Project Based Learning (PjBL)
Problem Based Learning (PBL)
Collaborative Learning
Inquiry Based Learning
Tahapan Deep Learning (6 Langkah):
Orientasi masalah
Eksplorasi & investigasi
Analisis mendalam
Kolaborasi & diskusi
Presentasi hasil belajar
Refleksi & tindak lanjut
F. Penerapan Kurikulum Merdeka
Pembelajaran Berdiferensiasi
Berdasarkan kesiapan belajar
Minat
Profil belajar
Projek P5 dengan tema:
Gaya Hidup Berkelanjutan
Kearifan Lokal
Kebhinekaan Global
Bernalar Kritis dan Kreatif
Akhlak Mulia dengan Penguatan Keislaman
Asesmen Autentik mencakup:
Portofolio
Proyek
Unjuk kerja
Refleksi diri
Penilaian sikap dan akhlak
G. Kurikulum Keislaman Terpadu
Komponen Utama
Tahfizh Al-Qur’an (target bertahap per jenjang)
Tahsin Al-Qur’an metode UMMI/standarisasi sekolah
Pembiasaan Ibadah Harian
Pembiasaan Akhlak Harian
Sirah Nabawiyah & Keteladanan Sahabat
Bahasa Arab sebagai penguatan literasi islami
Program Keislaman Unggulan
Shalat dhuha & dzuhur berjamaah
Literasi Al-Qur’an harian
Kajian akhlak
Jumat Berkah & sedekah harian
Pesantren Ramadan
H. Strategi Pembelajaran
Menghadirkan pengalaman belajar yang kontekstual dan mendalam.
Guru sebagai fasilitator dan motivator.
Lingkungan belajar yang aktif, kolaboratif, dan bernuansa Islami.
Pemanfaatan teknologi untuk pembelajaran digital.
I. Penilaian & Evaluasi Pembelajaran
Penilaian dilakukan secara holistik meliputi:
Penilaian Pengetahuan (tes, proyek, analisis)
Penilaian Keterampilan (praktik, karya, presentasi)
Penilaian Sikap & Akhlak (observasi, jurnal, pembiasaan)
Penilaian Tahfizh & Tahsin
J. Penutup
Kurikulum SDIT Al Jauharotunnaqiyyah ini disusun sebagai pedoman pelaksanaan pendidikan yang komprehensif, Islami, modern, dan memerdekakan. Dengan pendekatan Deep Learning dan Kurikulum Merdeka, sekolah berkomitmen melahirkan generasi yang berkarakter mulia, cerdas, adaptif, dan berdaya saing tinggi.
SDIT Al Jauharotunnaqiyyah
Membangun Generasi Qur’ani, Cerdas, dan Berakhlak Mulia.
Kontak
Hubungi kami untuk informasi
TLP./WA
info@sditaljauharorunnaqiyyah.com
Hak Cipta © Assiha Hasby Qosimiyah 2025
Website
www.sditaljauhar.sch.id
